Minggu, 18 September 2011

Silabus dan RPP berkarakter



Silabus dan RPP berkarakter sangat dibutuhkan oleh para pengajar untuk saat ini. Yang kami bahas adalah RPP berkarakter untuk Sekolah Dasar dan Sekolah menengah pertama. Implementasi dari RPP berkarakter adalah Pelaksanaan pembelajaran. Dalam tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah menengah pertama, Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan inti haruslah meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Untuk lebih jelasnya tentang
 RPP berkarakter silahkan anda baca di bawah ini:
1. Kegiatan Pendahuluan untuk RPP berkarakter
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1.1 menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
1.2 mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
1.3 menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
1.4 menyampaikan cakupan materi dan penjelasanuraian kegiatan sesuai
 silabus.
2. Kegiatan Inti untuk RPP berkarakter
Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
2.1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
2.1.a. melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2.1.b.menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
2.1.c. memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
2.1.d. melibatkan peserta didik secara aktif dalam se¬tiap kegiatan pembelajaran; dan
2.1.e. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
2.2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru:
2.2.a. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.2.b. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2.2.c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
2.2.d. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif;
2.2.e. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
2.2.f. memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan balk lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
2.2.g. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan variasi; kerja individual maupun kelompok;
2.2.h. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
2.2.i. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
2.3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
2.3.a. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.3.b. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
2.3.c. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
2.3.d. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: (a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;( b) membantu menyelesaikan masalah; (c) memberi acuan agar peserta didik dapatmelakukan pengecekan hasil eksplorasi; (d) memberi informasi untuk bereksplorasi Iebih jauh; (e) memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup untuk RPP berkarakter
Dalam kegiatan penutup, guru:
3.a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
3.b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas balk tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
3.e. menyampaikan iencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar